Thursday, December 20, 2018

Virtual Assistan


Smart Virtual Assistant (Asisten pribadi yang cerdas)






Abstrak

Virtual Assistant atau asisten pribadi berbasis virtual yang cerdas dan canggih, mampu memberikan pengalaman informasi yang menyenangkan bagi penggunanya.

Oleh : Bima Fauzi Kamagi
           3KA33 / 11116422

Penulisan karya ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat maupun para pengguna teknologi terkini, mengenai teknologi asisten digital berbasis AI (Aritificial Intelligence) atau kecerdasan buatan yang ditambahkan kepada suatu sistem ataupun mesin (komputer). Kecerdasan buatan ini dapat menangani dan membantu berbagai pekerjaan yang dapat membuat hidup menjadi lebih mudah dan nyaman dalam menyelesaikan sesuatu.   


BAB I
PEHULUAN

1.1  Latar Belakang

Pada saat ini terdapat sejumlah perusahaan teknologi besar berlomba-lomba untuk mengembangkan teknologi asisten digital berbasis AI dan machine learning yang bertujuan untuk membantu memudahkan dan menangani aktivitas seseorang dalam menjalani kehidupan sehari - hari. Beberapa perusahaan besar menamakan virtual assistan yang berbeda, perusahaan besar apple menamakannya sebagai Siri, Google dengan Assisten, Microsoft dengan Cortana, Amazon dengan Alexa, Samsung dengan Bixby. Virtual Assistent ini memberikan sebuah pengalaman informasi yang menyenangkan kepada para penggunanya entah itu dengan Gambar, Mengetik ataupun dengan Suara.

1.2  Rumusan Masalah

1.      Apa itu Virtual Assistant ?
2.      Bagaimana cara menggunakan Virtual Assistant ?
3.      Apa saja kelebihan serta kelamahan menggunakan Virtual Assistan ?

1.3  Tujuan

Memberikan pengetahuan tentang teknologi Virtual Assistant kepada seluruh masyarakat  maupun para pengguna teknologi dengan tujuan mengetahui dan memahami cara kerja Virtual Assistan itu sendiri khususnya dalam Virtual Assistan yang disematkan pada smartphone.


BAB II
ISI

2.1 Pengertian Virtual Assistant

Virtual Assistant adalah perangkat lunak yang menyematkan kecerdasan buatan pada perangkat seluler dan perangkat rumah pintar. Asisten virtual melibatkan suara yang diucapkan oleh seseorang, kemudian Virtual Asisten akan menangkap percakapan pengguna serta mengolah dan menyediakan informasi akurat sesuai yang diminta oleh pengguna sehingga informasi yang didapat mampu membantu seseorang dalam mencari informasi yang dibutuhkan.

2.2  Cara kerja Virtual Assistant



Asisten virtual menggunakan pemrosesan bahasa alami (NLP) untuk mencocokkan teks pengguna atau input suara ke perintah yang dapat dieksekusi. Untuk mengunakan virtual asisten ini terdapat beberapa Platform yang bisa digunakan untuk membantu mencari sebuah
Asisten virtual, salah satunya yaitu perusahaan besar Google dengan Google Assistantnya.
Untuk dapat mengaktifkan google assistant diperlukan smartphone yang mendukung dengan Google Assistant dengan spesifikasi Operting System minimal 6.0 Marsmellow ke atas. Cara kerja google assistan yaitu dengan suara dengan kata kunci ( Ok Google ) kemudian tanyakan informasi yang ingin dicari. Setelah itu google akan merespon dan membalas percakapan antara Google asisstan dengan user.

2.3  Kelebihan dan kekurangan menggunakan Virtual Assistant

Kelebihan Virtual Assistant
1.   Kemampuan pencarian Virtual Assistan dalam mencari sebuah informasi yang mudah dan praktis, bagi pengguna yang ingin mencari sebuah informasi yang tepat dan akurat.
2.   Virtual Assistan sebagai reminder atau pengingat aktivitas keseharian yang dilakukan si pengguna.
3. Dapat digunakan dimanapun dan kapanpun selama tersedia jaringan data internet pada ponsel.

Kelemahan Virtual Assistant 
1. Tidak semua smartphone mendukung fitur ini, dikarenakan terdapat syarat spesifikasi tertentu untuk bisa menggunakan fitur Assistan ini pada smartphone. 
2.  Bahasa yang digunakan masih sangat terbatas, untuk saat ini Virtual asisstant umumnya mendukung Bahasa Inggris, untuk melakukan interaksi terhadap virtual assistan.




BAB III
PENUTUP

Kesimpulan

Virtual Asisstant sangat memudahkan seseorang dalam mencari sebuah informasi terkait dengan aktivitas yang dilakukan masyarakat sehari-hari, sehingga ketika menggunakan virtual assisten ini dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi penggunanya. 



       
Referensi :








No comments:

Post a Comment